5 Langkah untuk Menjadi Keystar Shredder

 

Tip Praktis dan Peralatan

Pemain keyboard dari berbagai era memiliki sebuah ide yang baik, mereka menginginkan pemain keyboard bisa bergerak lebih bebas, tidak seperti ketika menggunakan keyboard konvensional, yang ditempatkan dengan menggunakan stand. Istilah " keytar " adalah gabungan dari kata "keyboard" dan "gitar", mungkin merupakan perpaduan nama yang selaras. Keytar adalah keyboard yang relatif ringan (dengan atau tanpa built-in synthesizer), dilengkapi dengan strap pada neck (leher) dan shoulder (bahu), mirip seperti sebuah gitar yang digantungkan pada bahu dengan menggunakan gitar strap.

Demikianlah awal mulanya dan keystar pun di ciptakan. Beberapa orang mengingat bahwa keytar merupakan peninggalan dari tahun delapan puluhan. Tapi jangan salah, keytar dibuat kembali dan telah memperhitungkan kebutuhan untuk semua tempat! Bukan hanya berbicara. Ini dibuktikan dengan adanya keytar dimana-mana dan di gunakan di panggung-panggung besar di seluruh di dunia.

Jadi, mari kita bahas beberapa fitur Roland keystar yang serba guna, yaitu: Lucina AX-09 yang dapat membantu Anda menjadi keystar shredder. Anda bisa maju ke depan dan bergabung dengan pemain gitar di atas panggung.

1. Keytar harus memiliki “Killer Sounds”

Sound dari Lucina AX-09 diambil dari bagian favorit serta sound yang terbaik dari AX-Synth. Anda akan menemukan beberapa lead dan sound gitar yang agresif. Kini, Anda dapat memainkan lagu ala Jimi Hendrix di atas panggung.


2. Jadi Kritisi Diri Anda Sendiri

Lucina AX-09 merupakan satu-satunya keystar yang mampu membuat Anda memainkan backing track dari keystar itu sendiri untuk jam session. Lucina dilengkapi colokan USB untuk playback dan riff file MP3, WAV, atau AIFF. Anda bisa saja memainkan lagu dari iPod atau portable jam box, namun itu hanya pelengkap, membutuhkan koordinasi dan membutuhkan lebih banyak waktu sehingga mengganggu kreatifitas Anda. Kelebihan Lucina lainnya adalah Anda bisa mengatur level suara sesuai dengan pitch yang Anda butuhkan agar terdengar indah dalam mix. Sebelum loading track, disarankan agar meng-edit lagu lebih dulu di DAW untuk mengulang loop agar sesuai dengan waktu yang Anda dibutuhkan untuk bermain solo, pastikan agar bagian drum dan bagian bass bekerja dengan baik.

3. Berlatih dengan Looper...

Lucina keystar memiliki lead, string, piano, organ, dan pad yang sangat baik. Cukup tambahkan looper ke dalam mix untuk membuat track Anda sendiri, dengan semua part yang berasal dari keystar. Produk lini BOSS Loop Station yang terkenal, memungkinkan Anda me-mute dan bermain solo pada setiap part dalam track, seperti playback. Looper juga memberi fleksibilitas tambahan agar Anda dapat me-mute part dengan cepat untuk berimprovisasi. Misalnya, Anda menyiapkan akan membuat lead pada loop track. Dengan me-mute track, Anda akan keluar dari mix. Saat itu, Anda bisa pergunakan untuk berimprovisasi dan kemudian membawa trek kembali ke dalam mix ketika Anda sudah selesai dengan improvisasi.

4. Ekspresikan Diri Anda

Sebagai pemain keyboard, untuk kenyamanan Anda sebaiknya menggunakan foot pedal dan modulasi wheel untuk ekspresi, dan sedikit D-Beam, jika Anda adalah pengguna lama Roland. Kontrol ekspresif ini sudah disertakan pada Lucina AX-09, kecuali modulasi wheel yang telah digantikan dengan modulasi bar dan touch ribbon. Anda bisa mengatur bar untuk sustain dan modulasi, dan ini sangat baik untuk track electro-funk. Jika Anda memiliki masalah dengan pengaturan bar, gunakan pedal untuk mendapatkan nuansa tradisional. Sangat baik jika disiapkan lebih dulu, tidak terlalu baik jika Anda terges-gesa menyiapkannya. Bicara tentang persiapan, keystar bentuknya portable, beratnya hanya delapan pound, dan Anda bisa menyalakannya dengan baterai.

5. Gunakan Sebagai Midi Controller

Lucina AX-09 memiliki colokan MIDI Out untuk dihubungkan dengan sound module, keyboard lainnya, soft synth, dan peralatan lainnya yang menerima MIDI. Jordan rudess dari Dream Theater merupakan contoh yang baik dalam menggunakan Lucina keystar sebagai MIDI controller untuk memanipulasi iOS app.