6 Manfaat Belajar dengan Digital Piano

 

Apakah Anda bermain scherzos Chopin atau intro lagu “Clocks” dari Coldplay, piano memiliki kemampuan menakjubkan, bergerak, dan menginspirasi. Satu – satunya kendala adalah mempelajari bagaimana cara bermain piano untuk pertama kalinya, kemudian berlatih untuk bermain dengan baik. Belajar dengan guru piano yang berkualitas merupakan awal yang baik untuk membangun teknik yang bagus dan mencegah kebiasaan buruk, dengan suara yang alami, kemampuan bermain yang sebenarnya, dan fitur inovatif seperti itu hanya dapat Anda temukan pada digital piano dari Roland yang bisa membantu belajar lebih menyenangkan dan mengasyik.




Pertama dan paling utama, digital piano didesain meniru piano akustik secara akurat. Pukulan hammer dan string, mereka menggabungkan teknologi digital suara tingkat tinggi dan speaker yang diposisikan secara strategis untuk menghasilkan suara piano akustik yang meyakinkan dan murni. Selain itu menyediakan nada terbaik dengan kemudahan mengontrol volume, mesin suara digital menghilangkan biaya tuning dan pemeliharaan rutin lainnya yang dibutuhkan piano akustik. Keseksamaan pada berat tut-nya menciptakan rasa keyboard akustik dan nuansa bermain yang realistis, dengan kemampuan memilih suara yang berbeda, seperti suara grand piano maupun non-piano, memastikan bahwa belajar itu bervariasi dan menarik. Beberapa model digital piano, bahkan sampai yang mampu membuat Anda menciptakan sound Anda sendiri sesuai dengan selera Anda.




Terlepas dari pentingnya kualitas sound dan playability, digital piano memberikan banyak manfaat unik yang tidak bisa didapatkan pada piano akustik tradisional:



1. Berlatih dengan tenang menggunakan headphone...



Kebanyakan digital piano dilengkapi dengan colokkan dan monitor suara dengan headphone, yang dapat memberikan dua keuntungan antara belajar dan tidak mengganggu orang-orang yang tinggal bersama mereka. Headphone mampu menahan kebisingan dari luar dan gangguan lainnya, membuat Anda bebas berkonsentrasi pada latihan pribadi tanpa mengganggu orang lain. Selain itu, fitur penting seperti jack headphone kembar dapat ditemukan di beberapa model yang memungkinkan siswa dan guru mendengarkan bersama dengan lebih detail, membuat lebih mudah untuk melihat kesalahan saat bermain.



2. Kembangkan “sense of rhythm” Anda...



Waktu sangat penting untuk memainkan piano dengan baik, dan hal ini sering menjadi masalah besar ketika Anda mulai bermain. Karena proses pembelajaran melibatkan perkembangan kekuatan memori dan kesadaran mental, ada kecenderungan untuk memperlambat atau mempercepat, tergantung pada tingkat kesulitan. Metronom, yang membantu mengembangkan keterampilan ritmis dan ketepatan waktu Anda dengan memberikan referensi kestabilan untuk bermain, telah ada sejak dulu. Namun, digital piano menawarkan kenyamanan karena sudah dilengkapi dengan metronom dan siap dikembangkan, dengan kontrol sederhana untuk menyesuaikan tempo dan beat. Membuatnya mudah untuk memperlambat bagian yang dipelajari dan menguasainya, dan untuk mengatasi time signature yang komplek dan konsep-konsep canggih lainnya. Banyak piano Roland memiliki fungsi ritme yang lebih canggih yang membuat Anda serasa bermain dengan drummer atau ensemble lengkap.



3. Rekam dan dengarkan permainan Anda...



Rekaman permainan Anda membantu Anda menganalisa dengan benar apa yang terjadi pada permainan Anda sehingga Anda bisa mengenali kekuatan dan kelemahan Anda. Fitur recording ditemukan di beberapa digital piano yang memungkinkan Anda memutar kembali, menemukan, dan menyempurnakan berbagai masalah, menghilangkan kebiasaan buruk sejak awal sebelum menjadi habit (kebiasaan). Mendengarkan kembali rekaman untuk bisa mempelajari masalah ketepatan waktu dan melodi, dan jika Anda memiliki memori musik yang baik tapi berusaha keras membaca musik, Anda bisa mempelajari sebagian dengan telinga dan mempelajari musik dengan mendengarkan kembali rekaman Anda.



Tergantung pada model digital piano, Anda bisa melakukan banyak hal dengan rekaman yang Anda dapat, termasuk memindahkan permainan Anda ke komputer untuk berbagi, mengedit, dan mencetaknya sebagai skor, lembaran musik yang tertulis juga dikenal sebagai sheet music, jadi orang lain bisa membaca dan memainkannya juga. Tersedianya rekaman juga berguna jika Anda tertarik pada komposisi, karena Anda dapat segera merekam ide yang muncul.



4. Digital piano memiliki suara lebih banyak



Digital piano kebanyakan dilengkapi dengan berbagai macam suara selain piano akustik, seperti piano elektrik dari tahun 70-an dan 80-an, string, harpsichord, dan organ gereja dan organ elektronik. Ada juga yang dilengkapi gitar, bass, dan synthesizer bahkan untuk flesksibilitas yang lebih. Ini baik untuk mempelajari potongan Scarlatti menggunakan suara harpsichord yang meyakinkan, dan perubahan pada nada bisa menginspirasi Anda dan membantu meningkatkan kembali gairah Anda jika Anda mulai bosan dan lelah untuk berlatih fingering. Anak – anak muda juga suka bereksperimen dan mengkombinasikan suara untuk membuat belajar lebih menarik.



5. Gunakan Apps untuk meningkatkan kemampuan bermain Anda...


Gunakan smartphone dan perangkat tablet sekarang, Anda bisa mengambil keuntungan dari banyak aplikasi untuk membantu menghidupkan sesi latihan dan meningkatkan permainan Anda. Ada tersedia aplikasi untuk latihan melihat-bacaan yang meminta pianis mengidentifikasi note yang tertulis, dan latihan aural untuk mengembangkan kemampuan seperti mendengarkan skala tertentu atau interval.



Perangkat tablet ini sangat berguna untuk latihan piano, karena memungkinkan akses cepat menyimpan sheet music secara elektronik dalam ukuran yang nyaman untuk menempatkannya pada piano music rest. Ketika dikaitkan dengan digital piano yang kompatibel, beberapa aplikasi menampilkan karya musik dan "mendengarkan" sambil bermain, secara otomatis beralih ke halaman berikutnya ketika Anda mencapai bar terakhir. Aplikasi yang dirancang untuk anak-anak termasuk game musik yang menyenangkan dan bermain lagu bersama, memotivasi mereka dengan membuat latihan yang menyenangkan daripada memberi sebuah tugas.



Banyak piano Roland yang memberikan dukungan untuk Apple iPhone, iPad, dan iPod touch, dan berbagai aplikasi Roland tersedia untuk perangkat ini terus berkembang. Selain itu, ada sejumlah piano Roland dilengkapi dengan layar monitor yang besar untuk digital sheet music serta latihan musik interaktif dan game



6. Membuat latihan lebih efisien...


Selalu sulit mempelajari sesuatu yang baru, jadi sangat penting menyediakan waktu khusus dan usaha. Hanya 20 menit berlatih piano dalam beberapa hari dalam seminggu dapat membantu mengembangkan keterampilan dan teknik. Dan jika Anda berusaha dengan motivasi, bermain bersama yang lainnya dan bahkan membuat kesalahan bersama merupakan cara terbaik untuk tetap termotivasi. Digital piano dikemas dengan fitur yang memaksimalkan kegiatan berlatih Anda, jadi Anda bisa membuat kemajuan yang lebih besar dalam jangka waktu yang lebih pendek.



Ambil Langkah Selanjutnya...


Belajar piano membutuhkan pengabdian dan disiplin, tapi hasilnya tidak terbatas bahkan ketika Anda telah mencapai tingkat keahlian paling sederhana.


Roland menawarkan berbagai jenis digital piano yang berbeda, mulai dari grand piano yang elegan dan model upright untuk rumah sampai piano mobile yang cocok untuk ruangan kecil dan stage performing yang kecil. Untuk mendapatkan piano yang sempurna, jelajahi jajaran produk kami yang luas berdasarkan kategori.