Cara Mendapatkan Tone yang Hebat

Cara Mendapatkan Tone yang Hebat

Overdrive dan Distorsi

 Oleh Peter Swiadon

BOSS Compact Overdrives and Distortions

Sebagai pemain gitar apakah yang kita inginkan? Apa yang sulit kita jelaskan dan bekerja keras untuk mendapatkannya tetapi kita akan selalu mengetahuinya ketika kita mendengarkannya? Dan untuk apa semua peralatan tersebut?

Jawaban untuk ketiga pertanyaan tersebut adalah tone yang hebat. Dengan banyaknya peralatan yang ada untuk menciptakan nada sekarang ini, bagaimana cara kita untuk menjadikan alat tersebut melakukan apa yang ingin kita lakukan? Mari kita lihat bagaimana caranya mendapatkan killert tone dengan overdrive dan distorsi dengan cara yang mudah dan efektif.

Pertanyaan pertama adalah apa yang harus anda gunakan sebuah overdrive ataukah distorsi? Jawabannya tidaklah semudah itu. Seperti layaknya banyak hal di dunia tone-quest tidak semua hal memiliki peraturan tetap. Jawaban yang sebenarnya adalah: tergantung. Mungkin overdrive adalah yang sesuai untuk anda; mungkin distorsi yang sesuai untuk anda. Jadi untuk pertanyaan selanjutnya adalah: apakah perbedaan antara sebuah distorsi dan overdrive?

Secara umum, sebuah overdrive di desain untuk bekerja dan terdengar seperti tube amp tua yang dinyalakan keras-keras. Sebuah overdrive yang baik dapat menghasilkan nada dan harmonik yang sama seperti yang dihasilkan oleh overdriven tube amp. Dari situlah nama overdrive didapatkan.

Sebuah distorsi biasanya (tetapi tidak selalu) lebih keras daripada overdrives pada umumnya, dan terkadang memiliki beberapa gain stage untuk jumlah sustain yang abnormal. BOSS MT-2 mungkin merupakan pedal distorsi dengan penjualan terbaik ini merupakan contoh yang tepat untuk pedal distorsi dengan fitur yang disebutkan diatas.

Terdapat dua cara untuk mendapatkan tone dari sebuah overdrive. Pertama dengan menggunakan overdrive yang dihubungkan dengan amp anda; gunakan overdrive pedal untuk meningkatkan tone bawaan amp anda. Beginilah cara kerjanya:

salah satu hal yang dapat dilakukan oleh overdrive adalah anda dapat menambah sedikit level overdribe tanpa perlu menambah distorsi terlalu banyak. Terkadang yang dibutuhkan oleh sebuah amp untuk mengeluarkan suara adalah input gain lrbih dari yang dihasilkan oleh gitar anda. Hal ini serupa dengan perbedaan antara single coil dan humbucker; hum memberikan level lebih sehingga mereka cenderung untuk menviciptakan sustain dan distorsi yang lebih dari sebuah amp. Stevie Ray Vaughn sering menggunakan pedal overdrivenya dengan cara seperti ini. Tidak banyak distorsi tambahan digunakan, hanya beberapa gain tambahan untuk meningkatkan level single coilnya. Untuk melalukan hal tersebut, atur jumlah overdrive menjadi sangat rendah pada pedal anda tetapi atur volume output sedikit lebih tinggi. Atur amp anda untuk sedikit jumlah distorsi. Apabila overdrive anda memiliki tone control, atur overdrive anda sehingga tidak akan merubah tone anda sebelum pedal dinyalakan. Mode ini juga sangat efektif untuk meningkatkan solo.

seberapa efektif kah hal ini bergantung sangat banyak pada amp yang digunakan: sebuah tube amp bagus bekerja dengan baik dengan cara ini dibandingkan dengn solid-state amp simple.

Cara lain untuk menggunakan sebuah overdrive adalah dengan mengatur pada clean sound dengan flat EQ, dan biarakna tone bawaan overdrive mengalun. Dalam hal ini coba atur overdrive sedikit lebih drive (atau crunch, atau apapun pedal anda menyebut jumlah distorsi), dan coba sesuaikan dengan output pada pedal sehingga volume anda tidak akan berubah ketika dinyalakan (kecuali anda menginginkannya untuk bermain solo atau ingin terdengar lebih keras). Ingat bahwa tidak ada aturan apabila anda menyukai suaranya maka hanya hal itu saja yang penting. Metode ini tidak terlalu bergantung pada tone amp anda, dan terkadang pemain menggunakan pedal dengan cara ini. Tone mereka berdasarkan dari tone pedal; amp hanya menjadikan mereka terdengar lebih keras.

Sekarang kita akan membahas distorsi: sejak distorsi cenderung lebih keras dan memiliki distorsi bawaan yang lebih dibandingan overdrive. Agak sedikit rumit untuk menyambungkan distorsi dengan suara distorsi dari amp. Mungkin saja itu yang anda inginkan terlebih lagi apabila anda menginginkan suara nu-metal, super heavy, atau sangat grunge. Apabila anda menggunakan pedal dengan cara ini maka anda akan mendistorsi distorsi. Hal ini bisa saja menjadi sangat jelek akan tetapi mungkin saja terkadang suara tersebut yang anda inginkan. Atur pedal anda sama seperti saat menggunakan overdrive dengan cara ini: naikan level, distorsi sedikit diturunkan dan tone pada netral.

Distorsi cenderung lebih efektif ketika anda menggunakan set amp anda untuk clean sound dan membiarkan tone dari pedal anda untuk mengalun. Pedal distorsi yang bagus seperti BOSS Metal Zone merupakan pedal distorsi yang cukup canggih. MT-2 bahkanmemiliki EQ dengan kualitas studio: sebuah 3-band tone section dengan parametric sweepable mid untuk menduplikasi hampir setiap tone distorsi yang anda inginkan. Untuk tone metal gunakan pengaturan ini dengan Metal Zone dan atur amp anda untuk suara yang bersih dan netral.

Kesimpulan: hal-hal yang disebutkan diatas bukan merpakan peraturan. Mereka merupakan konsep. Cara terbaik untuk menggabungkan mereka kedalam permainan anda adalah dengan bereksperimen. Terdapat banyak pedal dipasaran yang masing-masing memiliki karakteristiknya tersendiri.

Coba gunakan pedal BOSS dan kombinasi pedal pada Virtual Pedalboard 2, dan kunjungi halaman Pedals that Make the Tone untuk mengetahui bagaimana caranya mendapatkan tone seperti artis favorite anda.