GT-100 Simply Awesome Tone

The Best-Sounding, Most-Powerful GT Guitar Processor to Date

Sejak pertengahan 1990an BOSS GT-series processor telah mengatur standar untuk floor-based multi-effect gitaris, menawarkan tone COSM® amp yang banyak dan real-time control yang luar biasa. Saya sendiri memiliki setiap GT processor sejak pertama kali diluncurkan (GT-5) dan telah menikmati suara mereka yang luar biasa baik untuk di studio ataupun di atas panggung. Tetapi ketika saya menyalakan GT-100 Amp efek terbaru untuk pertama kalinya saya menyadari bahwa GT-100 sangatlah berbeda dengan generasi pendahulunya dan sebuah langkah maju dalam kualitas tone. Dan itu merupakan hal yang tidak biasa, karena rig GT-series selalu terdengar fantastis.

Didukung oleh ultra-high-speed DSP chip baru yang dikembangkan oleh BOSS, GT-100 memberikan tone amp yang sangat luar biasa dengan presence, fatness, dan respon dynamic manis yang sangat menginspirasi. GT-100 juga sarat dengan satu ton efek, tentu saja, dan mereka mendapatkan keuntungan dari peningkatan DSP. Dan yang lebihnya lagi BOSS telah menjadikan GT-100 sebagai multi efek yang intuitif dan mudah digunakan sehingga memudahkan pengguna untuk mendial-up tone. Terdapat banyak fitur bagus seperti grup efek ACCEL, mode manual (stompbox) yang telah ditingkatkan. Sebuah looper dan yang lain-lain di dalam GT-100 ini. Terdengar menarik bukan? Mari kita lihat lebih dekat lagi monster tone yang hebat ini.

Beauty and Brains

GT-100 diciptakan dengan chassis terbuat dari metal yang mampu untuk menahan penggunaan hardcore di atas panggung selama bertahun-tahun. GT-100 memiliki finish hitam yang ramping, delapan footswitch untuk memilih patch dan mengontrol berbagai macam fungsi dan expression pedal (dengan toe-switch) untuk volume, wah dan efek dengan foot control. Tapi inti dari unit ini adalah user interfacenya yang unik, yaitu dua LCD atau dua layar besar dan delapan tombol untuk mentweak pengaturan. Set-up ini menjadikan GT-100 sangat mudah untuk dinavigasi; saya akan memberitahu lebih lanjut kepada anda mengenai hal tersebut nanti.

Pada panel bawah anda akan menemukan host untuk konektivitas termasuk gitar input standar, 3/4-inch mono/stereo output, sebuah PHONE jack, sebuah effect loop, dan sebuah AUX IN jack untuk menyambungkan external music player untuk practice ataupun jamming. Terdapat pula amp control jack untuk menggunakan GT-100 untuk mengganti channel pada amp anda. Dan sebuah jack SUB/CTL/EXP untuk mengkoneksikan hingga dua footswitch external (seperti FS-5U atau FS-6) atau sebuah expression pedal (EV-5 atau FV-500H/-L) untuk kontrol tambahan. MIDI I/O juga disertakan, serta jack USB untuk menghubungkan ke komputer untuk streaming audio dengan DAW dan back up patch dengan GT-100 software Librarian.

Rahasia dibalik tone milik GT-100 yang luar biasa ini adalah ESC2 DSP sebuah digital signal processor yang dikembangkan oleh BOSS. ESC2 dibuat khusus untuk aplikasi musik––dan algoritma COSM secara khusus––memungkinkan para teknisi BOSS untuk meningkatkan kekuatannya dengan cara yang tidak mungkin dilakukan dengan prosesor siap pakai. ESC2 juga sangat cepat memberikan peningkatan kinerja enam kali lipat melampaui prosesor yang digunakan pada generasi sebelumnya.

New and Updated COSM Amps

Untuk ESC2 bertenaga GT-100, BOSS telah mengembangkan kelompok all-new "Advanced" amp. Alih-alih mereplikasi amp tertentu di masa lalu, ampli lanjutan menerapkan tahun BOSS 'penelitian dalam menganalisa nada dan perilaku karakteristik unik dari klasik vintage untuk menciptakan serangkaian "super amp" asli. Dalam konsepnya, pendekatan ini mirip dengan cara "butik" modern, para perancang amp menggabungkan konsep terbaik dari masa lalu dengan tweak baru untuk menciptakan amp unik ciptaan mereka sendiri. dalam kategori Advanced, GT-100 memberi Anda delapan model BOSS yang berbeda, mulai dari ampli sweet clean hingga insane, mesin metal yang paling juara dan segala sesuatu diantaranya.

BOSS juga sepenuhnya merubah dan memperbaharui perpustakaan amp COSM klasiknya untuk GT-100. Kategori “vintage” ini meliputi amp yang dapat ditemukan pada GT processor terdahulu, seperti Roland JC-120 yang disegani, American tweed, blackface, dan high-gain amp, Brit combo dan stack, serta yang lainnya. Apa yang membedakan mereka adalah mereka telah diubah untuk sepenuhnya dengan memanfaatkan kekuatan ESC2. Bagian COSM amp juga dilengkapi model kustom, dengan parameter khusus yang memungkinkan Anda untuk menciptakan amp sendiri dengan karakter tonal seperti yang anda inginkan.

Dilengkapi dengan Efek Kelas Dunia

GT series terkenal karena efek BOSS kelas dunianya dan GT-100 dilengkapi oleh banyak efek tersebut. Anda dapat dengan mudah mengganti urutan efek sesuka anda dan menggunakan jalur pengolahan baik serial ataupun paralel untuk rentang kemungkinan tonal yang besar.

Terdapat efek esensial seperti kompresor, overdrive/distortion, delay, chorus, dan reverb, dengan berbagai macam variasi pada setiap kategori. Kelompok overdrive/distorsi juga memiliki berbagai macam variasi canggih yang diperkenalkan dalam GT-100. Sebagai tambahan terdapat pula efek kustom OD/DS untuk menciptakan overdrive/distortion unik ciptaan anda sendiri.

User Interface yang Intuisif dan Real-time Control yang tak tertandingi

seperti yang saya sudah bahas sebelumnya, GT-100 memiiki user interface yang intuisif dengan dual display bersama dengan enam tombol untuk mengontrol parameter yang ditunjukkan pada layar. Apa yang keren dari pendekatan twin-display ini adalah anda selalu dapat melihat parameter untuk segala jenis efek atau fungsi – amda hanya tinggal memilih pada bagian kiri display dan parameter akan muncul pada bagian kanan display siap untuk di-tweak dengan menggunakan tombol. Pengaturan ini mengurangi scrolling tak berujung pada menu dan menjadikan penciptaan sound menjadi cepat dan mudah. Dan ketika anda sedang men-tweaking sound anda maka dual display akan memberikan nomer dan nama patch yang mudah untuk dilihat ketika anda berada diatas panggung serta informasi tentang patch yang sedang digunakan.

Fitur EZ TONE memudahkan anda untuk menciptakan patch terutama apabila anda tidak pernah menggunakan multi efek unit yang powerful sebelumnya. Anda hanya tinggal menekan tombol EZ TONE pada panel, lalu pilih style musik yang anda inginkan (blues, metal, jazz, dll) lalu pilih variasi pada style yang dipilih. Mudah bukal! Apabila anda ingin mengatur sound yang sudah anda pilih tombol ambience EZ TONE memungkin anda untuk mengatur tone tersebut sesuai keinginan anda.

Hal lain yang unik dari seri BOSS GT adalah banyaknya kontrol efek real-time . Gunakan footswitch dan expression pedal eksternal dan/atau MIDI, anda dapat mengontrol hingga 15 parameter berbeda dalam single patch. Termasuk didalamnya adalah tap tempo, switching COSM amp, tweaking amp gain, boosting untuk solo, dan mengatur parameter pada setiap COSM amp dan efek. Dan fitur diatas hanya sedikit dari banyaknya fitur yang disediakan oleh GT-100! Anda juga dapat merubah channel pada amp gitar melalui AMP CTL jack, nyalakan atau matikan efek loop pada GT-100, atur perangkat MIDI eksternal dan lain lain.

Looper, Stompbox-Style Access, dan Banyak Lagi

GT-100 memiliki built-in looper dengan 38 detik waktu mono recording (19 detik pada stereo). Anda dapat mengatur looper untuk merekam dengan semua amp dan sound efek pada GT-100 anda atau merekam tanpa menggunakan efek apapun dan memproses sound setelahnya. Pasca pemrosesan merupakan cara yang tepat untuk memilih dan mengedit sound efek tanpa perlu harus memainkannya saat anda sedang men-tweak. Terdapat pula footswitch khusus untuk mengatur looper sehingga anda dapat menggunakannya kapanpun untuk capturing dan overdubbing loop anda, anda juga dapat menggunakan kontrol looper tambahan pada footswitch internal atau eksternal anda untuk pengoperasian tambahan.

Dengan manual mode yang cepat untuk diakses anda dapat menggunakan delapan footswitch onboard. Untuk masuk ke mode Manual anda hanya tinggal menekan tombol BANK UP atau BANK DOWN secara bersamaan. selain efek on / off, Anda dapat memberikan perintah lainnya untuk footswitches dalam mode Manual, seperti AMP CTL, tap tempo, looper control, dan yang lainnya. Pengaturan mode Manual anda di simpang bersama dengan pengaturan patch lainnya, sehingga memberikan anda akses ke kustom unik pedalboard dengan setiap perubahan patch.!

Fitur lain yang terdapat dalam GT-100 meliputi chromatic tuner, dan juga built-in metronome untuk latihan bermusik. Terdapat pula GLOBAL EQ––yang memberikan anda kemampuan utnuk mengatur keseluruan tone GT-100––dan master noise suppressor dan pengaturan level reverb. Fungsi yang sangat berguna ini sangat penting untuk menggabungkan sound dari GT-100 ke lingkungan performing yang berbeda tanpa harus men-tweak sound pada patch individual.

Maximum GT

Apabila anda serius tentang tone dan ingin mengakses amp-amp serta efek-efek yang luar biasa maka anda harus mencoba GT-100. GT-100 terdengar sangat mengagumkan dan COSM amp nya sangat menyenangkan untuk dimainkan dengan sentuhan dan rasa yang akan membuat anda lupa bahwa anda sedang memainkan digital processor. Dengan GT-100 maka dunia baru dari tone yang mengagumkan serta digital power sekarang berada dibawah perintah anda.

 

Oleh Jim Bybee