HYBRID DRUM SET UP

       Seiring perkembangan teknologi yang berdampak pada perkembangan dunia musik khususnya drum dan perkusi, mendorong timbulnya ide-ide kreatif dan imajinasi bermain drum tanpa batas, yang mungkin belum pernah terpikir sebelumnya, yaitu teknologi mendukung dalam pilihan sound sampling, memudahkan kita mendapatkan suara yang khas dari instrument tradisional atau hasil penggabungan efek modern sehingga menghasilkan sebuah pertunjukan kolaborasi antara akustik dan elektronik yang sangat menarik, dapat dimainkan secara “one man show” dan spontan layaknya seorang DJ atau pun seorang pemain keyboard tunggal. Perangkat elektronik drum dan perkusi didukung oleh Roland produsen terbesar pengusung teknologi virtual drum dan perkusi, selalu tampil dengan inovasi menuju kesempurnaan sebuah instrumen elektronik sebagai pelengkap utama dalam berbagai macam pertunjukan. Konsep Hybrid yang ditawarkan meliputi :

  1. Sample Pad / Percussion Pad

Untuk sample pad Roland mengeluarkan sebuah produk yang bernama SPD SX dimana kita dapat membuat sample dari eksternal dan kemudian menyimpannya di salah satu dari pad yang tersedia, atau kita menyusun lengkap sebuah komposisi musik secara sempurna dari intro sampai ending dengan menempatkannya di setiap pad yang tersedia dan kemudian dikontrol dengan menggunakan stick yaitu memukulnya sesuai urutan yang dikehendaki (tersedia memory 2 Gb untuk menyimpannya ).  Produk Roland Percussion Pad yaitu SPD30 atau Octapad dimana tersedia ribuan sound perkusi tradisional dan modern. Menambah kaya pilihan sound di set up drum anda, namun tetap simpel.. Perkusi Melodik contohnya marimba atau gamelan dipadu dengan beat drum akustik serta di hiasi dengan berbagai efek suara tambahan.

  1. Pad tambahan / pendukung

Pad adalah pengontrol, memberikan sinyal ke module drum yang berisi sound sampling kemudian dikirim ke output speaker atau ampli. Dalam penyusunan set up drum setiap drummer berbeda dan khusus. Demi menunjang playability atau kenyamanan bermain , Roland mempersembahkan pad tambahan seperti BT-1 (Bar Trigger), atau pad drum PD8X atau KD 9 (trigger kick pad), yang kesemuannya membantu menyesuaikan penempatan di antara kit drum akustik kita, contohnya kita bisa memasang bar trigger di hoops bass drum atau menambahkan KD 9 sebagai pengontrol di kaki.

  1. Drum trigger

Roland mengeluarkan produk RT10T/S/K Acoustic drum trigger yaitu perangkat seperti mic trigger yang dikaitkan di hoops atau rim snare / tom / bass drum . Dimana sound akustik drum anda digabung bersama sound drum elektrik melalui RT10T ini. Ini akan membuat sound drum akustik anda lebih tebal atau penambahan efek pada sound snare / tom / bass / atau bahkan hardware hoops / rim dapat menghasilkan suara tertentu.


Demikianlah inovasi Roland dalam menyempurnakan setting drum Hybrid anda.

Menambah semarak pertunjukan anda dan paling penting adalah mewujudkan ide ide kreatif anda yang inovatif.

 

Ditulis oleh: Lucky

Sumber: www.roland.com