KETEBALAN KAYU PADA SHELL DRUM DAN SOUND

 

Secara garis besar semakin tebal tabung / shell drum maka semakin tinggi / high frekuensi suara yang dihasilkan dan semakin tipis maka semakin rendah / low frekuensi suara yang dihasilkan.

Jangan terkecoh dengan lapisan kayu pada shell drum , anda tidak dapat selalu menentukan ketebalan kayu berdasarkan jumlah lapisan (ply). Karena beberapa produsen drum mempunyai standard ketebalan per lapisan yang berbeda . Kepadatan (berhubungan dengan berat jenis lapisan kayu per lembar) kayu dapat ditentukan dari seberapa tipis lapisan yang dipotong.sebagai contoh luan wood (sejenis kayu keras hampir mirip dengan mahogany) akan lebih tebal lapisannya dengan kayu birch. Karena Birch lebih keras kuat dan dapat dipotong lebih tipis. Atau sebuah perusahaan produsen drum membuat 9 lapisan kayu namun lebih tipis dengan perusahaan lainnya yang membuat 6 lapisan shell drum.

Dan masih banyak lagi variabel lainnya.

Membuat shell drum dari banyak lapisan dan bukan satu kayu tebal yang utuh adalah menambah kekuatan dan stabilitas pada shell. Dengan pilihan urat setiap lapisan , sebuah shell yang lebih tipis dapat dibuat lebih kuat pada akhirnya dengan shell tebal kayu solid (utuh). Dan juga akan menahan kelengkungan tabung ( stabilitas).
 

Perhatikan diagram berikut ini yang diambil dari hasil risetnya Gene Okamoto Pearl Drums.

Jumlah lapisan dan pengaruh seberapa besar energy yang dikirim dari head membran drum ke tabung/shell. Ini adalah satu faktor yang mempunyai efek yang mendalam dari karakter warna suara (tonal) dan proyeksi drum.


Shell yang tipis (4ply,5mm) lebih mudah mengirim energi resonansi dari head / membran ke tabung yang sangat kaya dengan katakter warna suara kayu serta bisa sangat berharga dalam aplikasi sound yang dekat dengan object khusunya dalam rekaman.


Shell yang memiliki ketebalan medium (6 ply/7,5mm) lebih keras dan menahan energi yang dikirim dari head / membran. Dengan getaran yang kurang dan suara sedikit kalem dibanding dengan shell yang tipis namun sound drumnya terasa lebih menonjol. Shell drum dengan ketebalan seperti ini adalah ideal untuk segala jenis tujuan / keperluan serta menawarkan suasana yang lebih bergairah.


Shell yang tebal (thick / 8 ply 10mm dan 10 ply 12,5mm) adalah benar benar efisien dan memberikan energi kepada seluruh pemain untuk focus ke audiens. Dan tipe ini ideal untuk acara musik di tempat yang besar seperti stadion,dll. Dan aplikasi yang membutuhkan level high sound. Snare drum tipe ini bersaing dengan snare berbahan metal dalam hal kepadatan dan proyeksi sound drum.

Demikian sekilas pengenalan pengaruh jumlah lapisan dan ketebalan kayu pada shell drum terhadap karakteristik sound yang dihasilkan. Semoga ini menjadi bahan pertimbangan ketika kita memilih drum set idaman kita yang sesuai dengan sound yang kita inginkan.

Ditulis oleh : Lucky

Sumber : www.mikesdrum.com

Pearl Drum catalogue 2012