Karakteristik Jenis Kayu Untuk Drum

 

Sound pada drum adalah subyektif atau tergantung selera dari masing masing individu. Jenis kayu menentukan karakter sound yang diinginkan. Dalam artikel ini memperkenalkan secara garis besar karakteristik sound drum berdasarkan jenis kayu yang paling sering digunakan pada merk drum terkenal. Sehingga membantu dalam menentukan drumset yang tepat sesuai dengan kebutuhan sound.


Maple

 

Maple adalah jenis kayu yang paling favorit digunakan sebagai bahan pembuatan drum sejak akhur tahun 1700. Keunggulan dari sisi desain adalah urat kayu maple merupakan media cantik jika dijadikan interior atau pilihan motif natural. Pada umumnya maple mempunyai karakteristik sound yang bulat warm dan lembut jika digambarkan secara ekualisasi maple memiliki frekwensi yang sejajar hi- end attack dengan mid-range body dan mantap pada low-end punch nya. Kini banyak perusahaan besar / produsen merk drum terkenal menjadikan maple sebagai standard hi-end drum set.


Birch

 

Kayu birch mempunyai karakteristik sound yang banyak digemari sejak tahun 1970. Sound natural pada birch menjadi alternatif pemilihan sound yang lembut selain maple. Sound khas yang sedikit mid range cenderung lebih hi-end attack berimbang dengan low punch (secara grafik bisa digambarkan seperti V ekualiser grafik ) . Birch menawarkan sound yang lebih open clear/ presence. Sehingga cocok untuk sound live ataupun recording.


African Mahogany

 

African Mahogany telah dikenal dalam industri pembuatan drum lebih dari 50 tahun. Sound yang dihasilkan sangat kaya dan didominasi dengan frekuensi low end , sentuhan lembut mid range , dengan sedikit high end. Bagi yang membutuhkan karakter sound yang sangat warm dengan bottom dan punch yang mantap adalah mahogany pilihan terbaik anda , namun untuk sentuhan exterior kayu mahogany membutuhkan biaya yang mahal dibanding maple dikarenakan mempunya pori pori yang bayak dan sulit dalam proses finishing .


Poplar

 

Kayu paling lembut diantara hardwood dan mempunyai alur urat kayu yang mirip dengan maple sehingga mudah dalam proses finishing. Untuk sound cenderung lebih middle dibanding dengan maple . Penggunaan poplar juga digunakan untuk configurasi ply pada shell drum.


Basswood


 

Basswood merupakan kayu yang mempunyai urat yang lurus dan mempunyai karakter low, lembut, warm tetapi tetap nyaring terdengar (middle high tetap terasa) dengan keunggulan biaya produksi

yang jauh lebih murah karena stock kayu basswood mudah didapat sebagai contoh basswood tumbuh berlimpah di amerika dan canada .


Pada perkembangannya para produsen drum menggabungkan beberapa jenis kayu digabungkan dalam sistem layer/ply dalam komposisi pembuatan shell drums, Demikian sekilas mengenal karakteristik sound dari jenis kayu yang biasa digunakan dalam pembuatan drum oleh para produsen merk terkenal.


Ditulis oleh : Lucky

Sumber : Pearl Drums General catalogue 2012

Pdgood.us/woodselection page