Playing for Keeps



Playing for Keeps:

Bagaimana Menemukan Gitar yang Tepat


Pendekatan sistematis dengan mencoba gitar yang berbeda akan mempermudah anda menemukan gitar yang tepat. Kami merekomendasikan anda untuk konsisten dalam memainkan masing-masing gitar yang akan anda coba — hal ini akan memungkinkan nuansa tonal yang diciptakan oleh bentuk, kayu dan konstruksi lain yang berbeda terdengar lebih jelas dan jernih. Checklist anda dapat meliputi sebanyak mungkin pertimbangan yang anda inginkan, akan tetapi beberapa hal utama yang harus dipertimbangkan adalah: ergonomi, playability, intonasi dan kompatibilitas tonal dengan apa yang ingin anda lakukan.

 

Cari tahu jenis tone apa yang anda inginkan. Faktor dalam tehnik permainan anda yang meliputi seberapa light atau aggressive kah attack anda. Apakah anda berencana untuk melakukan fingerpick, flatpick, strum atau kombinasi ketiganya? Apabila anda pemula dan kurang begitu yakin, pertimbangkan gitar yang menawarkan tonal versatility yang melimpah, seperti GA. Apakah anda akan bermain solo atau bergrup? Apakah anda menyukai gitar dengan banyak acoustic bloom atau anda menginginkan overotone yang terkontrol? Apakah gitar ini akan menjadi gitar khusus atau tidak?

 

 

Temukan comfort zone anda. Pertimbangkan size dan bentuk gitar ketika digunakan — bagaimana neck terasa di tangan anda, bagaimana lengan strumming terasa pada bagian lower bout. Apabila anda akan bermain sambil berdiri maka cobalah mainkan gitar tersebut sambil berdiri.

 

Dan...action! Apakah action cukup low hingga anda dapat menciptakan cleansounding chord tanpa harus men-clamp down dengan hard? Dan juga, coba mainkan untuk mengetahui bagaimana feel nya terasa disana, serta untuk mengecek intonasi.

 

Mainkan chord-chord simple. Untuk masing-masing gitar yang anda coba, mainkan chord dengan urutan yang sama, dengan pick yang sama dan juga dengan attack yang sama.

 

Cobalah dynamic level yang berbeda. Bermain dengan harder dan softer pada masing-masing gitar untuk menilai jangkauan dari dynamic range.

 

Cobalah minimal tiga tipe pick yang berbeda (medium, heavy, plastic, tortex dll). Beberapa tipe gitar mungkin lebih cocok dengan pick yang tebal ataupun tipis.

 

Ajaklah teman anda sesama penyuka gitar. Suruhlah teman anda untuk bermain dan dengarkan permainnyanya untuk mendapatkan sonic perspective dari bagian lain gitar tersebut.

 

Tetapi jangan terlalu terpaku pada opini teman anda. Ia akan memiliki sound yang berbeda dengan anda. Gunakanlah telinga dan jari anda untuk merasakan.

 

Pertimbangkan untuk membawa handheld recorder yang digunakan untuk menangkap dan mengevaluasi perbedaan tonal.

 

Cobalah berbagai bentuk dan jenis kayu pada gitar. Anda tidak akan pernah tahu — anda mungkin saja tertarik dengan bentuk dan jenis kayu tertentu, akan tetapi mungkin saja sound anda terdengar lebih baik pada model lainnya.

 

 Sumber: Taylor Guitar Guide