Tip Untuk Pembeli Piano Pertama Kali

 

Kesulitan yang dihadapi banyak orang tua ketika membeli piano pertama kali untuk anak mereka adalah menemukan keseimbangan antara membeli suara yang bagus, piano berkualitas yang akan membuat mereka tertarik, dan salah salah satunya yang tidak menguras kocek Anda.


Banyak orang tua menghadapi skenario ini – anak Anda menunjukkan ketertarikan dalam belajar bermain piano. Anda menghubungi guru piano terdekat atau sekolah musik, dan mereka mengatakan pada Anda bahwa instrumen akustik akan lebih disukai. Mereka juga mengatakan bahwa jika harus digital , dengan “Minimal harus ada 88 key dan weighted action.”


Pertanyaannya adalah:

Bagaimana Anda menghabiskan banyak uang untuk membeli piano mahal yang mungkin hanya bisa digunakan untuk beberapa tahun?

Bagaimana Anda mendidik anak yang sudah terbiasa menggunakan iPod, iPad, Xbox dan Playstation?

Bisakah piano berharga murah menyediakan tone (nada) dan feel (rasa) yang benar untuk belajar piano dengan baik?

Apa yang Anda cari pada digital piano ketika Anda baru memulai?


Berikut beberapa hal yang perlu diingat ketika memilih piano pertama Anda.


Akustik atau Digital?


Ada beberapa pertanyaan sangat penting yang Anda perlu tanyakan pada diri sendiri ketika harus memilih antara piano akustik atau digital.


Piano akustik sering lebih mahal daripada piano digital. Apakah piano akustik sesuai dengan kocek Anda?

Apakah Anda memiliki ruangan untuk piano akustik?

Bisakah Anda melakukan pemeliharaan tahunan yang dibutuhkan?

Apakah rumah Anda pada suhu konstan dan kelembabannya terjaga dalam segala musim?

Bisakah piano ditempatkan pada ruangan di mana ketika berlatih suaranya tidak mengganggu aktivitas lainnya di rumah?

Jika jawaban untuk semua pertanyaan ini adalah iya, maka mungkin piano akustik merupakan jawaban yang tepat. Jika jawaban untuk setiap pertanyaan ini adalah tidak, maka piano digital mungkin pilihan yang tepat untuk Anda.


Apa yang Harus Diperhatikan dalam Piano Digital


Ada tiga hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih piano digital pertama Anda.


  1. 88 Key Weighted Action

    Hal pertama yang harus Anda perhatikan pada digital piano, antara lain adalah yang memiliki Hammer action akan semakin berat. Roland membuat action yang disebut PHA, atau Progressive Hammer Action. Teknologi ini sekarang dalam Generasi ke-4 dan versi terbaru menawarkan keytouch paling canggih yang pernah ada; bahkan ada dalam digital piano entry-level! Ada banyak piano dengan harga murah yang menggunakan pegas dan berat untuk mensimulasikan mekanisme hammer, tanpa menggunakan hammer yang sebenarnya. Ini merupakan perbedaan yang penting, dengan hammer action yang tepat akan memberikan murid pengalaman terbaik. Material terbaru seperti feel (rasa) tut sintesis atas yang menyerupai gading juga ditambahkan ke dalam piano.

  2. Tone Generator

Tone Generator mengacu pada bagaimana piano digital menciptakan suara. Biasanya piano digital akan melakukan pemutaran rekaman sebuah grand piano akustik untuk menghasilkan suara. Sebuah sound engine yang benar-benar baik akan memiliki kombinasi sampling dan permodelan. Sebuah spesifikasi yang baik memiliki 128 note polifoni. Hal ini memungkinkan piano mainkan musik yang paling komplek tanpa ada bagian note yang terputus. Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mendapatkan piano dengan suara yang besar. Piano seperti Roland F-20 Digital Piano menggunakan sound engine piano SuperNatural dari Roland untuk akustik terbaik seperti yang biasa dengar. 

3. Konektivitas

Keterlibatan murid dalam merawat piano merupakan salah satu tantangan terbesar, terutama pada saat awal ketika mereka mulai belajar dasar-dasar bermain piano. Setelah mereka mampu memainkan beberapa lagu, sangat menyenangkan dan tidak berhenti memainkannya, sampai pada suatu titik kemampuannya untuk memainkan beberapa lagu tergantung pada murid tersebut. Perangkat mobile dan tablet sekarang bisa dihubungkan secara nirkabel untuk berbagai piano Roland. Menggunakan adaptor nirkabel murah, iPhone atau iPad dapat dihubungkan ke Piano dan berbagai aplikasi gratis yang dapat digunakan. Seperti Air Performer, yang memungkinkan user untuk streaming lagu-lagu langsung dari iTunes library. Piano Partner merupakan aplikasi gratis lainnya, yang memungkinkan untuk mengontrol fungsi yang berbeda pada piano dan memiliki ear training dan latihan notasi pada board.


Bonus Digital Piano!

Selain menggunakan kain yang sedikit basah untuk sesekali menyeka piano dan bagian bawah tombol, pemeliharaan tidak terdapat pada kebanyakan piano digital. Ini adalah keuntungan utama.

Biaya perawatan secara signifikan lebih rendah daripada piano akustik yang bisa menghabiskan ratusan ribu per tahun hanya untuk tuning.

 

Ditulis oleh Jay Gough, Piano Products Sales Manager

Diterjemahkan oleh Okvi