Home News Ketiga

gibson-history-

GIBSON HISTORY


Jakarta 6 Agustus 2001, www.citraintirama.com

Gibson

Gibson Brands, merek gitar paling ikonik di dunia, telah membentuk generasi musisi dan pecinta musik lintas genre selama lebih dari 100 tahun. Didirikan pada tahun 1894 dan berkantor pusat di Nashville, Tenessee, USA, Gibson Brands memiliki warisan craftsmanship kelas dunia, kemitraan musik legendaris, dan evolusi produk progresif yang tak tertandingi di antara perusahaan alat musik lainnya. Portofolio Gibson Brands mencakup Gibson, merek gitar nomor satu, serta banyak merek musik yang paling dicintai dan dikenal, termasuk divisi Epiphone dan Gibson Pro Audio. Gibson Brands didedikasikan untuk kualitas, inovasi dan keunggulan sehingga generasi yang akan datang akan terus merasakan kualitas experience music yang dibentuk oleh Gibson Brands

The First Gibson Electrics

Pada saat Gibson mulai mengerjakan gitar listrik pertamanya, perusahaan tersebut menjunjung tinggi tradisi kualitas dan inovasi selama 40 tahun. Gitar listrik Gibson pertama haruslah menjadi gitar listrik terbaik yang pernah ada di dunia. Pada saat Gibson mulai mengerjakan gitar listrik pertamanya, perusahaan tersebut memiliki tradisi kualitas dan inovasi selama 40 tahun untuk dijunjung. Gitar listrik Gibson pertama harus tidak kurang dari gitar listrik terbaik yang pernah ada di dunia. Pada musim semi 1935, Gibson meminta musisi Alvino Rey untuk membantu mengembangkan pickup prototipe dengan para insinyur di perusahaan Lyon & Healy di Chicago. Belakangan pada tahun itu, penelitian dipindahkan dari kantor ke rumah, semua desain akhir dikerjakan karyawan Gibson Walter Fuller dirumah tersebut. Gibson memperkenalkan pickup heksagonal khas pada lap steel ( gitar hawai ) pada akhir 1935. Pickup dipasang pada gitar F-hole archtop guitar, dijuluki ES-150 ES untuk Electric Spanish, dan menjadi yang pertama dikirim dari pabrik Gibson di Kalamazoo, Michigan, pada 20 Mei 1936.

Musisi jazz Charlie Christian, mengatakan bahwa  ES-150 adalah gitar elektrik terbaik yang pernah dilihat oleh para gitaris pada tahun 1936. Enam puluh tahun kemudian, Gibson ES-150 masih dikenal sebagai model Charlie Christian, dan beberapa pemain jazz menganggap pickup "Charlie Christian" ES-150 sebagai pickup jazz terbaik yang pernah dibuat. Keberhasilan ES-150 adalah pedang bermata dua, menjadikan Gibson sebagai pembuat gitar listrik terkemuka tetapi pada saat yang sama, menantang Gibson untuk mencapai puncak pencapaian monumental ini. Setelah jeda produksi untuk Perang Dunia II, Gibson melakukan hal itu.

The Golden Age of Innovation

Pada tahun-tahun setelah Perang Dunia II, gitar listrik menjadi sebuah trend dan Gibson memasuki zaman keemasan inovasi. Pickup P-90, diperkenalkan pada tahun 1946, memberi gitaris power dan fleksibilitas baru. Di bawah kepemimpinan presiden perusahaan Ted McCarty, Gibson dengan agresif memulai debutnya dengan menampilkan dua konsep baru yaitu model gitar tiga pickup pertama, model 1949 dengan ES-5 dan ES-175, gitar pertama dengan bentuk cutaway tajam.

Munculnya gitar listrik model solid body merupakan sebuah tantangan baru bagi Gibson. Seperti ES-150 1936, solid body electric pertama Gibson harus menjunjung tinggi tradisi Gibson yang sanggup melampaui semua gitar lain dari jenisnya. Bagian atas berkontur berukir mengingatkan kembali pada instrumen Orville Gibson pertama di akhir 1800-an, dan lapisan emas memberikan nilai lebih. Dengan dukungan dari gitaris paling populer saat itu, Gibson memperkenalkan Model Les Paul pada tahun 1952. Les Paul dengan cepat tumbuh menjadi sebuah keluarga dengan empat model-Junior, Special, Standard dan Custom  yang semuanya akan menjadi model klasik Gibson. Model terbaik dari Gibson menggunakan bridge tune-o-matic baru McCarty, yang diperkenalkan di Les Paul Custom pada tahun 1954 dan masih menjadi standar bridge gitar elektrik pada Gibson. Pada tahun 1958 McCarty memulai debutnya bukan hanya satu, tetapi dua ide baru yang radikal-semi-hollowbody electric dan futuristic solidbodies yang eksotis. ES-335 sukses instan, menggabungkan gaya archtop tradisional dengan konstruksi solid body modern. Flying V, Explorer, dan Moderne terbukti menjadi model abadi berpuluh-puluh tahun sejak saat itu.

Gibson pada tahun 1960-an melalukan terobosan dengan dua model ,  modern solidbody lines-the double-cutaway SG models of '61 dan reverse-body Firebirds of '63. Pada saat era McCarty pada akhir eranya di Gibson pada tahun 1965 telah meletakan sebuah pondasi model klasik yang terus digunakan Gibson sampai saat ini . RM

Diterjemahkan dari  : Gibson Legacy Archive


Related Article

Latest Articles

Steinway Enrichment Session "Life as a Jazz Musician” with Nial Djuliarso, M.Mus., A.D.
BOSS AW-3 ; Pedal Tahan Banting
Steinway Concert Series - Sri Hanuraga
Peran Ampilifier : Membangun tone shape guitar
Amadues Concert - Jakarta Concert Orchestra
Roland Rubix 22 - August 2021 Best Audio Interface

Article Category

Latest Products